Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 TIPS MERAWAT BATERAI HP ANDROID AGAR TETAP AWET

Tips agar Baterai Smartphone tetap awet

Image:Pixabay.com

Produsen smartphone, perangkat lunak, dan bahkan prosesor bekerja keras untuk meningkatkan masa pakai baterai. Chip Qualcomm terbaru lebih hemat energi daripada sebelumnya, dan di Android P sudah memiliki fitur Mode Baterai Adaptif, yang membatasi akses energi untuk aplikasi yang jarang digunakan.

Sayangnya, bahkan hal ini tidak memungkinkan untuk menggunakan smartphone selama seminggu tanpa pengisian daya. Alasan? Layar besar, cerah, serta Wi-Fi, Bluetooth, GPS dan 4G bahkan Main game dan streaming video.

Kita secara maksimal, ada baiknya mempelajari aturan yang baik untuk menjaga baterai ponsel tetap sehat, membuatnya panjang dan efisien. Berikut ini beberapa saran praktis Tips merawat baterai Hp yaitu:

1. Jangan cabut pengisi daya saat sudah terisi penuh

Anda tidak boleh melepas smartphone setelah mencapai 100%. Bahkan, pengisi daya secara otomatis akan terputus
ketika aliran listriknya saat mencapai 100% , sehingga tidak menyebabkan kerusakan lebih lanjut dengan membiarkannya terhubung ke perangkat.

Karena itu, jika baterai tidak cukup untuk menjadi 100% untuk bertahan, lebih baik biarkan di charge sepanjang malam.

2. Kecerahan dan Siaga

Di antara faktor-faktor penting lainnya yang terkait dengan konsumsi daya cepat habis tentu ada kecerahan layar dan waktu siaga.

Menggunakan opsi Hemat Energi yang sekarang tersedia di semua perangkat smartphone terbaru adalah solusi terbaik.

3. Jangan biarkan baterai sisa 10-15%

Kita mungkin pernah membiarkan baterai terisi penuh sebelum diisi kembali. Sebenarnya, hal tersebut bisa merusak baterainya, yang akan lebih cepat habis. Karena itu hindari yang membuat  baterai lowbat.

Jadi yang perlu kita lakukan adalah mencoba mengisi ulang smartphone ketika memiliki persentase muatan sekitar 20-30% dan mencapai sekitar 70-80%.

4. Hindari mengisi baterai sampai full

Ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi tampaknya smartphone tidak boleh diisi daya 100% karena baterai lithium ion modern "tidak perlu terisi penuh, juga tidak disarankan untuk melakukannya. Lebih baik tidak mengisi baterai smartphone sepenuhnya, karena tegangan tinggi membuat baterai di bawah tekanan.

5. Gunakan Charger Original/ bawaan 

Jika Anda menggunakan pengisi daya(charger) selain yang sudah disediakan saat kita membeli smartphone baru, ada kemungkinan arus listrik yang diberikan terlalu banyak atau terlalu sedikit, sehingga merusak baterai secara permanen .

6. Jangan Gunakan Hp dalam ke adaan Charger

Nah ini yang banyak dilanggar oleh pengguna smarphone, selain membahayakan Baterai,  ternyata juga membahayakan diri anda sendiri jika Android anda meledak karena tekanan panas.

Usahakan jangan gunakan Smarphone anda agar hal di atas tidak terjadi

Itulah beberapa Tips dari mrdellay.blogspot.com semoga dengan membaca Artikel dari kami dapat menghemat Baterai Smarphone kamu.

Post a Comment for "6 TIPS MERAWAT BATERAI HP ANDROID AGAR TETAP AWET"