Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

TIPS MEMBELI BARANG ONLINE




Hello saya akan membagi sebuah tips lagi nih sesuai dengan tema pada atas, kita eksklusif aja ke TKP gan. Berbelanja barang kini tidak wajib dilakukan menggunakan cara mengunjungi pribadi toko yg menjual barang yg hendak dibeli. Dengan adanya internet,
konsumen sekarang bisa berbelanja secara online tanpa harus repot menghabiskan saat & energi buat datang ke pusat perbelanjaan. Tren belanja online pun kian hari kian terkenal seiring menggunakan semakin banyaknya orang yg melek internet. Tetapi sayangnya tren ini dimanfaatkan sang orang-orang tidak bertanggung jawab yg berusaha mengeruk laba secara ilegal, yakni dengan menipu. Konsumen yang tidak waspada sanggup menggunakan gampang menjadi korban penipu berkedok toko online. Agar tidak tertipu sang karna itu aku ingin membagi tips buat berbelanja online, simak cara menghindari penipuan pada toko online berikut ini:
1.    Cari tahu identitas penjual
    Identitas penjual absolut diketahui oleh calon pembeli supaya tercipta rasa saling percaya antara pembeli & penjual. Cari memahami alamat lengkap penjual, nomor telepon yg mampu dihubungi, & jika perlu, mintalah fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selain itu, lacaklah testimoni pembeli lain yang pernah bertransaksi dengannya. Semakin poly testimoni indah, maka toko online itu makin sanggup dianggap.
2.    Waspadai harga promo Toko online palsu
    Sering menjebak konsumen dengan cara memberikan harga yang teramat murah, jauh di bawah harga pasaran dengan dalih kenaikan pangkat .Harga produk yg terlalu murah patut dicurigai, apalagi apabila yg mengeluarkan kenaikan pangkat merupakan toko yang tak mempunyai rekam jejak.
3.    Ajak ketemuan
    Selain membayar lewat transfer, transaksi menggunakan toko online mampu dilakukan dengan cara Cash of Delivery (COD) atau membayar saat barang sudah terdapat pada tangan. Jika engkau tinggal sekota menggunakan toko online itu, coba ajak ketemuan sesudah kamu selesai menentukan barang yg akan dibeli. Jika penjual menolak dengan ribuan dalih, maka segera tinggalkan lapak dagangannya.
4.    Kenali produk
    Pastikan produk yang dijual asli dan memiliki garansi. Mintalah kepastian dan agunan soal keterangan produk. Misalnya, anda bisa meminta agunan jikalau produk tidak asli maka sanggup dikembalikan waktu itu juga. Cek kelengkapan yang ditawarkan penjual. Pastikan jua foto yg dipasang pada situs merupakan foto orisinil produk, bukan foto yang dicomot dari situs lain.
5.    Kenali situs
    Jika kamu hendak membeli barang lewat online pada situs semacam Kaskus atau Toko Bagus, maka yang wajib engkau selidiki merupakan penjualnya. Tetapi bila penjual punya toko online sendiri, cek kevalidan situs tadi. Toko online yg terpercaya memakai domain berbayar, bukan domain gratisan misalnya .Blogspot, .Wordpress, .Co.Cc, dan lain-lain. Selain itu, situs toko online yang terpercaya umumnya dapat ditemukan di halaman pertama mesin pencari Google karena kerap dikunjungi. Namun yg paling acapkali ditemukan adalah penipu yang mengandalkan Facebook buat menawarkan dagangannya. Kembali ke cara 1-4 di atas bila tertarik menggunakan toko online pada Facebook. Sebagai pembeli yg cerdas, engkau wajib waspada saat akan bertransaksi dengan orang yg tidak dikenal. Penipuan oleh toko online telah sering dilaporkan terjadi di mana-mana. Situs RumahPengaduan.Com memuat beberapa aduan terkait penipuan toko online yg biasanya menunjukkan barang elektronika misalnya ponsel menggunakan harga di luar batas kewajaran. Cobalah menjelajahi situs itu buat mencari tahu toko online mana saja yang diduga pernah menipu konsumen.
Itu dulu yee tips dari saya, semoga membantu bagi para pembaca. Waspadailah dalam membeli online, entah dari segi harga dan kondisi barang. Oya pantengin terus ya blog saya tunggu  update tips selanjutnya.