Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

WASPADA BAHAYA SITUS PHISHING

Waspada Bahaya Situs Phishing

Phishing adalah keliru satu bentuk penipuan atau kegiatan hacking yg dicirikan dengan percobaan buat mendapatkan warta yg sensitif, seperti istilah sandi dan kartu kredit, menggunakan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektro atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris asal dari istilah fishing (?Memancing?), pada hal ini berarti memancing kabar keuangan & kata sandi pengguna.


Kasus Phishing sendiri banyak saya jumpai, misalnya di beberapa situs web palsu, aku acapkali mendapati suatu page web yang berisikan spoiler yg bila kita click maka otomatis akan membuka tab baru & mengharuskan kita login kedalam akun Facebook. Setelah saya lihat alamat/ web addressnya ternyata bukan http://facebook.Com melainkan plesetan berdasarkan facebook.Com atau sebagainya.





Lihat alamat websitenya, beda bukan? Itu keliru satu contoh situs phishing


Kasus phishing yang lain adalah Klikbca.com tetapi situs ini sekarang sudah tidak aktif, pada saat ramai terjadinya phising klikbca ini, Jika anda masuk ke lima situs ( wwwklikbca.com, kilkbca.com, clikbca.com, klickbca.com dan klikbac.com.), anda akan mendapatkan situs internet yang sama persis dengan situs klikbca.com. Hanya saja saat melakukan login, anda tidak akan masuk ke fasilitas internet banking BCA, namun akan tertera pesan "The page cannot be displayed". Fatalnya, dengan melakukan login di situs - situs itu, username dan PIN internet anda akan terkirim pada sang pemilik situs. Bahaya sekali bukan?


Phishing bukan hanya pada situs website, tetapi terdapat jua yang masih ada dalam email yg biasa diklaim jika tidak salah Scam.
Scam adalah liputan elektro dalam Internet yang membohongi & bersifat menipu, sebagai akibatnya pengirimnya akan mendapat manfaat dan laba tertentu. Contoh scam yang seringkali kita jumpai adalah surat berantai dan pengumuman lotre. Dalam hal ini dampak berdasarkan kabar scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, bila dibandingkan menggunakan spam.


Dalam bahasa Inggris, scam diartikan juga sebagai confidence trick or confidence game, sebagai akibatnya pada awalnya penerima liputan merasa yakin dan nir mewaspadai bahwa hal ini merupakan bentuk penipuan.


Trus bagai mana biar tidak terkena jebakan phishing?  berikut ini saya kasih tips dan pengenalan ciri dari website jebakan/phishing.


Oke, sebenernya cara mengidentifikasi Phishing atau ngganya itu gampang banget, mampu diliat menurut:


Nama Website


Jadi nama websitenya itu beda sama yg orisinil, umumnya sih pake domain .Co.Tk, .Blogspot.Com, & subdomain fordeon.Com (ex: Gemscool.Fordeon.Com) & umumnya, tampilan website itu dibentuk sama persis, sehingga kita dibentuk terkecoh tentang hal ini.
Berikut adalah sebuah model berdasarkan Phishing.





erhatikan alamat website tersebut. Disitu sang hacker menggunakan subdomain .blogspot.com  jelas-jelas 100% itu bukan website Gemscool.com


kemudian inilah website yang sebenarnya




Seperti biasa, ini bedanya di domain, & tampilannya pula beda, yap akan tetapi ini walaupun terdapat disparitas kasat mata akan tetapi bisa saja menipu adik-adik kita yang belum mengerti dan beliau login disitu , tapi kasian jua kalo beliau ngga ngerti apa-apa datang-datang charnya di hack,

Dan berikut ini adalah cara mencegah terkenanya jebakan situs Phishing
1. Periksalah alamat website tadi dan pastikan benar bahwa alamat tadi benar.


Dua. Biasakan mengetik URL atau alamat situs yg Anda tuju, hindari link berdasarkan Web yang Anda rasa mencurigakan.


3. Jangan pernah membalas email yg mencurigakan apalagi memasukkan sandi dalam situs yg mencurigakan atau tidak anda percayai dan mengirimkan password dan data pribadi krusial anda melalui email.


4. Berhati-hati terhadap tawaran yang fantastis.


5. Pastikan website tersebut menggukan HTTPS (walaupun tidak seluruh website)


6. Bila mendapat email yang mencurigakan biarkan saja, dan janganlah eksklusif percaya & mengklik link yang diberikan.


Baik gan sekian yg mampu ane sampaikan lewat thread ini semoga bermanfaat dan sanggup menyadarkan para pengguna internet baik yang anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.